Saturday, December 28, 2013

Jibas Akademik

Filled under:


Dengan semangat kebersamaan dan silaturahmi, kami berencana mengadakan pelatihan penggunaan SISFO Sekolah  JIBAS.
Metode SISFO Sekolah JIBAS telah dikembangkan sejak tahun 2008 dan telah di gunakan dan diadopsi lebih dari 5150 Sekolah dan Lembaga pendidikan lainnya. Akan tetapi sekolah atau lembaga tersebut belum secara maksimal bisa mengaplikasikan system ini.
Tujuan utama pelatihan ini adalah membantu sekolah-sekolah untuk memiliki sistem informasi manajemen sekolah yang terintegrasi untuk membantu operasional sekolah mulai dari akademik, keuangan, perpustakaan, pelaporan dan interaksi guru-siswa.
Diharapkan, sistem ini dapat membantu sekolah mengatur, mengelola dan merapikan datanya. Dengan demikian, data ini menjadi informasi yang mengalir dan bermanfaat bagi berbagai pihak yang berkepentingan (Walimurid, Siswa, Guru, Yayasan, dan Pemerintah).
Kurikulum 2013 dikembangkan untuk meningkatkan capaian pendidikan dengan 2 (dua) strategi utama yaitu peningkatan efektifitas pembelajaran pada satuan pendidikan dan penambahan waktu pembelajaran di sekolah. Efektifitas pembelajaran dicapai melalui 3 tahapan yaitu efektifitas Interaksi, efektifitas pemahaman, dan efektifitas penyerapan.
Untuk Menghadapi Kurikulum 2013 SISFO Sekolah JIBAS bisa dikembangkan untuk Sosial Media Sekolah yang nantinya akan bermanfaat untuk memantau kompetensi Sikap, Keterampilan dan Pengetahuan Siswa melalui aktualisasi (Action) di Sosial Media Sekolah maka akan dapat diketahui watak/Perilaku masing-masing Individu untuk mengukur produktifitas, Inovasi dan kepedulian masing-masing siswa.
MODEL JIBAS
JIBAS3
SISFO Sekolah  JIBAS memiliki Support Center dan Forum Diskusi yang aktif. SISFO Sekolah  JIBAS bersifat open source sehingga dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan sekolah misalnya pengembangan untuk Sosial Media Sekolah.

0 comments:

Post a Comment